TextBook
PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KAPABILITAS PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM BERBASIS AGRIBISNIS DI KABUPATEN TANGERANG (tesis)
Meningkatnya jumlah pelaku UMKM pada masa pandemi Covid pada
tahun 2018 - 2021 bertolak belakang dengan nilai pendapatan asli daerah (PAD)
pada tahun 2019 - 2020 yang menurun. Data yang diperoleh dari Kabupaten
Tangerang dalam angka menunjukkan bahwa jumlah PAD pada tahun 2018
sebesar Rp.2.872.568.512,69 menurun pada tahun 2019 sebesar
Rp.2.806.539.756,44 dan nilainya turun lagi pada tahun 2020 sebesar
Rp.2.500.580.661,48. Turunnya pendapatan asli daerah dari tahun 2018 hingga
2020 secara drastis mengindikasikan bahwa terdapat persoalan dalam
perkembangan UMKM berbasis agribisnis di Kabupaten Tangerang. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, kapabilitas
pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UMKM berbasis agribisnis di
Kabupaten Tangerang. Penelitian disusun sebagai penelitian penjelasan
(explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis
deskriptif dengan software smartPLS, sedangkan metode analisis menggunakan
Structural Equation Modelling (SEM) dengan jumlah responden 89 UMKM di
kecamatan Pasarkemis dan Rajeg. Berdasarkan hasil pengolahan data pada model
kinerja pemasaran UMKM berbasis agribisnis di Kabupaten Tangerang, dapat
disimpulkan bahwa orientasi pasar tidak berpengaruh langsung terhadap
kapabilitas pemasaran. Yang berpengaruh langsung terhadap kapabilitas
pemasaran adalah variabel orientasi kewirausahaan, indikator pada variabel
orientasi kewirausahaan yang paling memberikan pengaruh adalah inovasi,
proaktif, berani mengambil resiko, dan otonomi. Orientasi pasar dan orientasi
kewirausahaan berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran indikator pada
variabel orientasi pasar yang memberikan pengaruh adalah orientasi pelanggan
dan koordinasi antar fungsi. Implikasi manajerial yang dapat disarankan oleh
penelitian ini adalah kebijakan yang menitikberatkan pada oerintasi pelanggan
pada pelaku UMKM. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian
yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.
Tesis-IP-004 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain