TextBook
ANALISIS INTERTEKSTUAL CERITA RAKYAT “PURBASARI DAN LUTUNG KASARUNG” DENGAN CERITA DALAM IKLAN SIROP MARJAN EDISI RAMADAN 2020 (tesis)
Kemajuan dunia penelitian saat ini semakin berkembang di segala
bidang. Termasuk juga penelitian dalam bidang sastra. Karya sastra dapat
dianalisis dengan menggunakan banyak jenis penelitian, salah satunya adalah
penelitian intertekstual .
Cerita Purbasari dan Lutung Kasarung merupakan salah satu cerita
daerah. Iklan sirop Marjan telah melakukan salah satu upaya untuk
mengangkat kearifkan lokal menjadi sebuah kreativitas, yang
mendekonstruksi cerita rakyat sebagai daya tarik emosional. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis intertekstual dari cerita rakyat “Purbasari dan
Lutung Kasarung” dengan cerita dalam iklan sirop Marjan pada edisi
Ramadan 2020. Cerita dalam iklan tersebut dianggap sebuah teks yang
berasal dari teks sebelumnya. Penelitian ini mendeskripsikan perbedaan dan
persamaan struktur dari cerita rakyat “Purbasari dan Lutung Kasarung”
dengan cerita dalam iklan sirop Marjan pada edisi Ramadan 2020.
Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai budaya yang
direpresentasikan di dalam iklan, serta bagaimana sisi kreativitas ini bisa
menjadi salah satu hal yang menarik untuk dijadikan sebuah ide. Data
dikumpulkan melalui observasi dan studi literatur. Metode yang digunakan
ialah kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya representasi nilai moral yang
terkandung dalam iklan tersebut. Melalui kode-kode, dapat disimpulkan
bahwa adanya nilai moral luhur yakni seperti kebaikan, kebersamaan, serta
kebijaksanaan yang pantas untuk dijadikan pelajaran dalam kehidupan
melalui aspek penampilan, lingkungan, dialog, dan karakter.
Tesis-PB-007 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain