TextBook
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAULL (GAME EDUKASI WORDWALL) PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BINA INSANI (tesis)
Fenomena disrupsi yang merasuk pada dunia saat ini, menggugah para pendidik
untuk melakukan adanya inovasi dan kreativitas tinggi guna terjadinya proses
pembelajaran yang menyenangkan. Peneliti melakukan penelitian tujuannya
adalah untuk menghasilkan produk atau mengembangkan media pembelajaran
GAULL (Game Edukasi Wordwall), game evaluasi dengan menggunakan
platform Wordwall dengan berbasis website berupa link yang dapat terintegrasi
dengan cara online ataupun offline. Hadirnya Wordwall memiliki peran dengan
beberapa fitur pendukung guna membuat bahan ajar dengan memanfaatkan
teknologi terbarukan. Untuk dapat menunjang apa yang diharapkan, maka
peneliti menggunakan jenis R&D atau sering dikenal dengan Research and
Development, dengan model yang digunakan adalah ADDIE, terdapat lima
tahapan, diantaranya; analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi, mendapatkan skor 90% dengan kategori
sangat layak, dan hasil validasi ahli media mendapatkan skor 93% dengan
kategori sangat layak. Berdasarkan hasil pretest dan postest, mendapatkan skor
80% dengan kategori tinggi atau efektif. Berdasarkan hasil angket respon
peserta didik, mendapatkan skor 98% dengan kategori sangat layak. Maka
dapat disimpulkan, media ini sangat layak digunakan untuk siswa kelas 5
Sekolah Dasar materi bangun ruang.
Tesis-TP-016 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain