TextBook
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PROJEK IPAS KELAS X SMKN 1 PULOAMPEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS (tesis)
Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi Interaksi sosial,
komunikasi, sosialisasi, instituasi sosial dan dinamika sosial pada Projek IPAS
menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan kemampuan
literasi sains siswa di kelas X di SMKN 1 Puloampel kabupaten Serang. Penelitian
ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development
(R&D) dengan menggunakan prosedur model ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian berdasarkan validasi
ahli media sebesar 86 % dan validasi ahli materi sebesar 90 % sehingga produk
media pembelajaran tersebut dinyatakan sangat layak digunakan. Adapun respon
pengguna media dari peserta didik sebesar 82% dan respon pengguna media dari
guru sebesar 97%, kriteria kedua nilai tersebut dinyatakan sangat baik. Efektivitas
media memiliki gain skor ternormalisasi sebesar 0,70 dengan interpretasi kriteria
tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran
interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Projek IPAS dan efektif
meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik
Tesis-TP-015 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain