TextBook
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (tesis)
Proses pembelajaran dalam dunia pendidikan didukung dengan adanya
perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan
membuat pembelajaran tidak hanya duduk di dalam kelas. Sistem proses
pembelajaran pasca pandemi mengalami banyak perubahan. Peserta didik menjadi
lebih mengenal berbagai platform digital akibat terbiasanya dalam kondisi
pembelajaran daring. Guru pun dituntut untuk dapat beradaptasi pada aplikasi
yang dapat menunjang dalam membuat media pembelajaran. Penelitian
pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif
berbasis Nearpod pada materi pencemaran lingkungan untuk melatih keterampilan
berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Mutiara Bunda Cilegon. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D)
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang berorientasi untuk
mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk serta untuk memvalidasi
tingkat efektivitas produk tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian
pengembangan ini dengan melaksanakan observasi, wawancara, uji validasi ahli
materi dan media, angket serta instrumen pretest dan posttest. Data yang telah
diperoleh sesuai saran dan masukan validator ahli media dan materi kemudian
diuji cobakan saat proses pembelajaran serta dianalisis secara deskriptif kualitatif
dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi memperoleh
rata-rata skor 76% dengan kategori layak, hasil uji validasi ahli media juga
memperoleh skor 81% dengan kategori sangat valid/sangat layak, sedangkan pada
uji efektivitas berdasarkan rekapitulasi nilai pretest dan posttest menggunakan
skor N-Gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,75 dengan kriteria tinggi/efektif
sehingga media pembelajaran Nearpod efektif dalam melatih keterampilan
berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan respon guru dan peserta didik dengan
skor 86% dengan kategori “sangat baik” dapat disimpulkan media pembelajaran
berbasis aplikasi Nearpod ini menarik dan mendukung untuk digunakan sebagai
media dan bahan ajar di kelas.
Tesis-TP-014 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain