TextBook
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA (tesis)
Saat ini, proses pembelajaran tidak cukup dengan memanfaatkan sumber belajar
dan media pembelajaran sederhana tetapi diperkaya dengan media modern yang
bersifat elektonis dan audio-visual yang sesuai dengan materi ajar guna
meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan media pembelajaran yang menghasilkan produk berupa
video animasi berbasis animaker untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D).
Pengembangan media pembelajaran berfokus pada mata pelajaran IPA untuk
siswa kelas V di SDN 1 Sumurbatu. Menentukan validasi media pembelajaran dan
materi ajar dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validitas produk dan
materi oleh kedua ahli menunjukkan kategori yang sangat layak. Nilai ahli media
adalah 100% dan nilai ahli materi pembelajaran adalah 100%. Selanjutnya, untuk
mengetahui efektivitas media pembelajaran pada materi ajar, uji coba dilakukan
melalui pertanyaan pre-test dan post-test di kelas V SDN 1 Sumurbatu. Skor pretest adalah 47,6% dan skor post-test adalah 84,4% yang menunjukkan sangat
layak untuk digunakan. Respon positif terhadap media pembelajaran video
animasi berbasis animaker yang ditunjukkan oleh siswa dengan presentase 87,2%
dan 85% dari penilaian guru. Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji siswa, media pembelajaran video
animasi berbasis animaker telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai
media pembelajaran IPA di kelas V SD.
Tesis-TP-013 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain