TextBook
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL AUDITORIAL KINESTETIK) DALAM MENGEMBANGKAN EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI SMPN 1 WARINGINKURUNG (tesis)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran
VAK dalam mengembangkan efikasi diri dan kreativitas siswa pada materi
interaksi antar makhluk hidup. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1
Waringinkurung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif, untuk memperoleh data penelitian menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian
menunjukkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran VAK dapat
meningkatkan efikasi diri dan kreativitas siswa. Berdasarkan hasil efikasi diri
dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran siswa lebih aktif dalam
menyampaikan pertanyaan, memiliki rasa percaya diri yang baik dalam
menyampaikan argumen, bersemangat dalam pembelajaran dan
menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kreativitas siswa dalam
pembelajaran mempunyai empat indikator yaitu, berpikir lancar, keluwesan,
keaslian dan kerincian. Dari ke empat indikator tersebut siswa dapat berpikir
kreatif pada setiap langkah-langkah pembelajaran VAK. Proses pembelajaran
sering terjadi beberapa kendala diantaranya penggunaan strategi/metode
pembelajaran, sarana dan prasarana disekolah dan kelemahan model
pembelajaran itu sendiri. Solusi yang tepat dalam pemebelajaran yaitu guru
harus memilih strategi/metode yang tepat dalam proses pembelajaran
diantaranya menggunakan model pemelajaran VAK yang memiliki beberapa
kelebihan diantaranya memberikan pengelaman langsung dalam proses
pembelajaran.
Tesis-TP-012 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain