TextBook
PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN ASAM BASA DI SMAN 4 CILEGON (tesisi)
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan telah banyak digunakan untuk
menunjang proses pembelajaran, salah satunya dalam pengembangan media
pembelajaran. Selain pemanfaatan teknologi, perlu ada pelajaran yang memuat
materi berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemanfaatan dan mencegah
hilangnya kearifan lokal suatu daerah. Sehingga perlu kolaborasi antara
teknologi dan kearifan lokal, dan menghasilkan pengembangan media
pembelajaran berupa e-modul praktikum berbasis kearifan lokal bersifat
interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul
praktikum berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas belajar kimia
pokok bahasan asam basa, mengetahui kelayakan, keefektifan, serta respon
peserta didik dan guru bidang studi terhadap produk e-modul praktikum yang
dihasilkan. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Cilegon. Subjek penelitian peserta
didik kelas XI IPA 1 sebanyak 34 orang. Metoda penelitian menggunakan R&D
(Research and Development) dengan model ADDIE (Analize, Design,
Development, Implementation, and Evaluation, dan desain penelitian
menggunakan Rendomized Control Grup Only. Data diperoleh dari wawancara
dengan guru mata pelajaran kimia kelas XI, ahli media, ahli materi, lembar
observasi, angket peserta didik, angket guru, quiz hasil belajar dan hasil problem
solving. Teknik analisa data secara kualitatif dan persentase data. Hasil analisa
data: uji validitas dari ahli media 93, ahli materi 95, sehingga validasi rata-rata
adalah 94 dengan kategori ”sangat layak”, Uji efektifitas dari guru bidang studi
77, peserta didik 87,32, sehingga efektifitas rata-rata adalah 82,16 dengan
kategori ”sangat efektif”. Data lain yang menunjang nilai efektifitas adalah ratarata hasil belajar quiz 1dan quiz 2 adalah 88 dengan kategori lulus diatas KKM.
Hasil observasi daya kreatifitas peserta didik rata-rata 76,18 dengan kategori
”kreatif”, dan respon hasil refleksi diri dan kelompok adalah 3,2 dengan kategori
”baik”. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa produk e-modul praktikum
berbasis kearifan lokal sangat layak dan sangat efektif digunakan dalam proses
pembelajaran khususnya pada pokok bahasan Asam Basa
Tesis-TP-011 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain