TextBook
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN (tesis)
Anak-anak usia 4-5 tahun memiliki kemampuan membaca yang masih kurang.
Salah satu indikatornya adalah anak belum mampu menyebutkan nama huruf,
menghubungkan kata dengan gambar serta kosa kata anak masih kurang. Media
yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca khususnya untuk anak usia 4-
5 tahun juga masih menggunakan media konvensional yang membuat anak kurang
tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kondisi media pembelajaran
membaca anak usia 4-5 tahun, kebutuhan multimedia interaktif flash card,
tahapan pengembangan multimedia interaktif flash card, menganalisis dan
mendeskripsikan kelayakan, efektivitas, respon guru dan anak terhadap
multimedia interaktif flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca anak
usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development
(R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap uji coba I dilakukan di KB
Al Gozali dengan jumlah anak 10 orang. Tahap uji coba II 20 orang dan tahap uji
coba lapangan 28 orang di KB Al Marjan Cipanas. Hasil penelitian menunjukan
bahwa kondisi media pembelajaran membaca anak usia 4-5 tahun di KB Al
Marjan Cipanas masih terbatas dan bersifat konvensional. Media yang digunakan
diantaranya spidol, papan tulis, kartu huruf, buku dan LKA. Media yang sekarang
sangat dibutuhkan di KB Al Marjan Cipanas adalah media yang menarik untuk
anak, praktis dan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun.
Hasil penilaian validasi ahli materi mencapai 97,5%, ahli media 94,2%, efektivitas
hasil belajar anak dengan menggunakan hasil analisis paired sample t test
mendapatkan hasil nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.000 yang artinya nilai
tersebut < 0,05, hasil respon guru mencapai 97,91% dan respon anak mencapai
87,69%. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat diambil kesimpulan
bahwa multimedia interaktif flash card ini sangat layak, efektif, mendapatkan
respon yang sangat baik dari guru dan anak serta dapat meningkatkan kemampuan
membaca anak usia 4-5 tahun.
Tesis-TP-010 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain