TextBook
PENGEMBANGAN E –MODUL GURU PJOK BERBASIS CANVA MATERI GERAK DASAR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH KHUSUS SE-KABUPATEN TANGERANG (tesisi)
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk
media pembelajaran atau bahan ajar bagi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan berbasis canva dengan materi gerak dasar bagi anak tunagrahita ringan di
sekolah khusus se-Kabupaten Tangerang. PJOK merupakan bagian dari pendidikan
untuk mengembangkan kemampuan melalui gerak sehingga dapat mencapai
kesehatan serta tujuan pendidikan yang diharapkan yaitu mencakup pengetahuan,
keterampilan, dan sikap. Anak Tunagrahita Ringan dalam pertumbuhannya
mengalami keterbatasan dalam melakukan aktivitas keseharianya karena
keterbatasan motorik yang dimilikinya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat
membuat para guru dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam
penyelenggaraan pembelajaran. Guru PJOK di sekolah khusus umumnya guru kelas
yang belum mempunyai dasar pengetahuan tentang penjas adaptif. Model
pengembangan media pembelajaran yang disusun dalam penelitian ini mengacu
pada jenis pengembangan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis, Desain, Development, Impelementasi dan
Evaluasi. Hasil validasi dari ahli materi menunukkan angka 83,75 % dengan
kategori sangat layak dan ahli media sebesar 85,33 % sehingga menunukkan
kategori sangat layak. Sedangkan efektifitas yang diperoleh dari pretest dan postest
diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,68 yang menunukkan cukup efektif. Berdasarkan
angket respon guru PJOK memperoleh skor rata-rata sebesar 93 % dengan kategori
sangat layak. Dengan demikian e modul guru PJOK dapat digunakan dalam
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan matei gerak dasar untuk
anak tunagrahita ringan.
Tesis-TP-005 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain