TextBook
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PADLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X PADA MATERI RECOUNT TEXT DI SMK ISLAM DAARUL FALAH CILEGON (tesis)
Pemerintah Indonesia telah menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran di
sekolah sejak zaman kemerdekaan terutama pada sekolah-sekolah yang berstatus
sebagai sekolah unggulan. Saat ini, terjadi kesenjangan penguasaan bahasa Inggris
antara masyarakat perkotaan dengan pedesaan. Ditambah lagi pada kurikulum
2013 tidak adanya mata pelajaran bahasa Inggris pada kurikulum SD dan juga
adanya pengurangan porsi jam pelajaran bahasa Inggris pada kurikulum SMP dan
SMA. Hal ini menyebabkan rendahnya penguasaan bahasa Inggris pada peserta
didik terutama masyarakat pedesaan. Hal itu dikuatkan dengan sarana sekolah
yang kurang memadai serta monotonnya guru dalam proses pembelajaran bahasa
Inggris. Maka dari itu, peneliti mencoba mengembangkan media pembelajaran
bahasa Inggris berbasis Padlet untuk meningkatkan keterampilan bahasa inggris
peserta didik pada keterampilan menulis bahasa Inggris. Tujuan penelitian
pengembangan ini adalah untuk membuat produk media yang dapat dijadikan
sebagai media pembelajaran yang inovatif di dalam proses pembelajaran yang
dapat diakses oleh peserta didik melalui telepon genggam. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan
menggunakan model 4D. Metode pengumpulan data pada penelitian
pengembangan ini berupa uji validasi ahli materi dan ahli media, angket dan
penilaian pretest dan posttest. Hasil dari uji validasi para ahli diperoleh nilai
sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak” untuk validasi materi sedangkan
untuk validasi media diperoleh nilai sebesar 92,3% yang juga dikategorikan
sebagai “Sangat Layak”. Pada uji efektifitas produk menggunakan pretest dan
posttest diperoleh nilai sebesar 12,76 dengan rata-rata 0,75 yang dikategorikan
sebagai “Cukup Efektif” menurut perhitungan skor N-Gain. Pada respon peserta
didik mengenai pembelajaran menggunakan media Padlet ini diperoleh hasil
sebesar 86,47% dengan kategori “Sangat Baik”. Penelitian pengembangan media
pembelajaran berbasis Padlet ini memberikan dampak positif bagi peserta didik
karena dapat memberikan pengalaman pembelajaran dengan gaya digital serta
dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris peserta didik.
Tesis-TP-004 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain