TextBook
MUTU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN CIKANDE (Studi Korelasional Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Kepemimpinan Pembelajaran dan Kelayakan Sarana dengan Mutu Sekolah) desertasi
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan kemampuan
manajerial kepala sekolah dengan mutu Sekolah Dasar Negeri; 2) Untuk menganalisis dan
mendeskripsikan hubungan kepemimpinan pembelajaran dengan mutu Sekolah Dasar Negeri; 3)
Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan kelayakan sarana dengan mutu Sekolah Dasar
Negeri; 4) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan kemampuan manajerial kepala
sekolah, kepemimpinan pembelajaran, kelayakan sarana secara bersama-sama dengan mutu Sekolah
Dasar Negeri di Kecamatan Cikande. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan
Structural Equation Modeling (SEM) yaitu model persamaan dengan pendekatan berbasis varians
atau pemodelan persamaan struktural berbasis komponen. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah instrumen non tes berupa angket tertutup. Penelitian ini dilakukan kepada guru
di 32 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang Provinsi Banten dengan
jumlah populasi 308. Kemudian melalui teknik random sampling diperoleh 171 sampel dalam
penelitian ini. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS 3.0. Pengujian
hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan
inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh
indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji hubungan antar
variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Hasil hipotesis penelitian menyatakan; 1)
variabel kemampuan manajerial kepala sekolah mempunyai hubungan dengan variabel mutu
sekolah, dengan nilai P-Value 0,000 < 0,05, 2) Variabel kepemimpinan pembelajaran mempunyai
hubungan dengan variabel mutu sekolah, dengan nilai P-Value 0,003 < 0,05, 3) Variabel kelayakan
sarana mempunyai hubungan dengan variabel mutu sekolah, dengan nilai P-Value 0,007 < 0,05, 4)
Nilai R Square mempunyai hubungan secara bersama-sama atau simultan X1, X2 dan X3 dengan Y
adalah sebesar 0,839 dengan nilai adjusted r square 0.836. Maka, dapat dijelaskan bahwa semua
konstruk exogen memiliki hubungan dengan Y sebesar 0,839 atau 83,9%. Berdasarkan hasil kajian
data tersebut direkomendasikan kepada kepala sekolah untuk senantiasa meningkatkan kemampuan
manajerial, kepemimpinan pembelajaran, dan menjaga serta meningkatkan kelayakan sarana guna
meningkatkan kualitas sekolah.
Desertasi-PEN-004 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain