TextBook
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI KELAS IV SDN KEDALEMAN III KOTA CILEGON (tesis)
Penelitian pengembangan ini berdasarkan permasalahan dalam proses
Pembelajaran yaitu (1) Penggunaan media yang tidak terbarukan membuat siswa
pasif; (2) Peserta didik tidak terjadi interaksi yang aktif antara siswa dan guru
dalam kegiatan pembelajaran; (3) Peserta didik mengalami kejenuhan dalam
kegiatan pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar yang rendah.
Rumusan masalah dan fokus masalah penelitian ini meliputi proses pembelajaran
IPAS, Pengembangan Media Pembelajaran, Uji kelayakan,, efektivitas
pembelajaran dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan yaitu
media video berbasis capcut materi keragaman budaya pada mata pelajaran IPAS
kelas IV SDN Kedaleman III Kota Cilego. Penelitian ini menggunakan Reseach &
Development (R&D) dengam model pengembangan 4D meliputi tahapan
pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil uji kelayakan
media video berbasis capcut berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata
92% dengan kategori”sangat layak” dan ahli media diperoleh 93% dengan
kategori “sangat layak”. Uji efektivitas pembelajaran diperoleh N gain score dari
hasil pre-test dan post-test peserta didik menggunakan media video berbasis
capcut sebesar 0,71 termasuk kedalam kategori”tinggi”. Hasil respon peserta didik
diambil melalui penyebaran angket dengan skor prosentase 91% dengan kategori
“sangat baik”. Dengan demikian pengembangan media video berbasis capcut ini
dinyatakan layak untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Tesis-TP-002 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain