TextBook
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS CANVA PADA PENGENALAN MATERI JENIS BUAH DI TK BINA TERAMPIL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN (tesis)
Penelitian ini dilatarbelakangi karena (1) Kurangnya media game edukasi, tidak
bisa mengembangkan game yang sudah ada, (2) Belum adanya penggunaan media
berbasis game edukasi di TK Bina Terampil Taman Ciruas Kabupaten Serang, (3)
Rendahnya minat belajar siswa pada materi pengenalan jenis buah. Penelitiani ini
bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran, menganalisis kelayakan,
menganalisis efektivitas, dan menganalisis respon guru terhadap game edukasi
berbasis canva pada materi pengenalan jenis buah untuk anak usia dini di TK Bina
Terampil Ciruas Kabupaten Serang. Model pengembangan yang digunakan pada
ipenelitian ini adalah Research and Developmenti (R&D) dengan model iADDIE
(Analysis, iDesign, Development, Implementation, iEvaluation), subjek uji coba
anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
ipengembangan game edukasi berbasis canva pada materi pengenalan jenis buah
dilakukan sesuai langkah-langkah pembuatan yang terdiri dari pembuka, tipe
permainan, persiapan permainan, pelaksanaan permainan terdiri dari pertanyaan
dan jawaban, dan penutup. iKelayakan game edukasi berbasis canva menurut ahli
materi sebesar 90% yaitu kategori sangat layak. Sedangkan menurut validasi ahli
media sebesar 92,9% yaitu tidak perlu direvisii dan semua iitem telah dinilaii layak.
Efektivitas ipembelajaran dengan menggunakan game edukasi berbasis canva
diperoleh skor N-Gain sebesar 66,67% Penggunaan game edukasi berbasis canva
yang dikembangkani peneliti cukup efektifi dalam meningkatkan iefektivitas
pembelajaran. Responi guru terhadap game edukasi berbasis canva sebesar 96%
dalam kategori menarik yang diukuri menggunakan itanggapan penilaiani semua
guru maka game edukasi berbasis canva yang telah idikembangkan tidak perlu
direvisi.
Tesis-TP-001 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain