TextBook
PENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DENGAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (tesis)
Rendahnya kemampuan literasi matematis selain disebabkan karena jarangnya
penggunaan soal yang mengacu pada kemampuan literasi, juga dikarenakan
kemandirian belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran, dimana kemandirian
belajar sangat terpengaruh oleh motivasi belajar. keberhasilan peserta didik dalam
belajar matematika, diantaranya faktor internal yang meliputi kemampuan awal, dan
motivasi belajar. Keberhasilan belajar matematika yang dimaksud sesuai dengan
tujuan pembelajaran matematika yaitu untuk meningkatkan kemampuan matematis
salah satunya kemampuan literasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian
pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey, dengan tujuan untuk
mengetahui pengaruh kemampuan awal matematika terhadap kemampuan literasi
matematis melalui motivasi dan kemandirian belajar. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis) dengan analisis
faktor. Analisis faktor digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas suatu
instrumen (skala pengukuran), sedangkan analisis jalur digunakan untuk menguji
hubungan antar variabel dan menggunakan MSI (Method Of Succesive Interval)
untuk mengubah data ordinal menjadi interval. Penelitian ini dilaksanakan di Kota
dan Kabupaten Serang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kemampuan awal
matematika, motivasi, dan kemandirian belajar memberikan pengaruh positif
signifikan terhadap kemampuan literasi matematis siswa sebesar 0.048, dan diperoleh
bahwa pengaruh variabel kemampuan awal secara langsung terhadap kemampuan
literasi matematis lebih besar dibandingkan dengan melalui variabel mediasi motivasi
dan kemandirian belajar.
Tesis-MT-004 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain