TextBook
IMPLEMENTASI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA MA BERDASARKAN INSTRUCTIONAL LEVEL (tesis)
Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa model pembelajaran
Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi
siswa, namun belum ditemukan penelitian yang mengimplementasi model
Creative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi
siswa ditinjau dari instructional level. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan : (1) peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa MA
yang mendapatkan model Creative Problem Solving dibandingkan siswa yang
mendapatkan pembelajaran Saintifik; (2) peningkatan kemampuan literasi
numerasi siswa MA independent level dibandingkan siswa instruction level dan
frustration level; dan (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan
instructional level terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa
MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain
faktorial 3 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MAN 2
Kota Serang, sampel penelitian dipilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan
kontrol secara cluster randam sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes
literasi numerasi dan tes instructional level. Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa : (1) peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa MA yang
mendapatkan model Creative Problem Solving lebih baik dari pada siswa yang
mendapatkan pembelajaran Saintifik; (2) peningkatan kemampuan literasi
numerasi siswa MA independent level lebih baik dari siswa instruction level
dan frustration level; serta (3) terdapat pengaruh interaksi antara model
pembelajaran dan instructional level terhadap peningkatan kemampuan literasi
numerasi siswa MA. Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa
instruction level yang mendapatkan model Creative Problem Solving lebih baik
dari siswa instruction level yang mendapatkan pembelajaran Saintifik, namun
tidak lebih baik pada siswa independent level dan frustration level.
Tesis-MT-002 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain