TextBook
PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK SMP (tesis)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta
didik. Rendahnya kemampuan peserta didik disebabkan pembelajaran masih
berpusat pada guru, pembelajaran belum mengarah pada pemecahan masalah dan
kurangnya ketersediaan bahan ajar yang memfasilitasi kemampuan berpikir kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul interaktif berbasis
Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik SMP. Proses pengembangan
E-Modul interaktif dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subyek
penelitiannya adalah ahli dalam bidang pendidikan, materi, dan media yang
bertujuan untuk mendapatkan validasi produk yang dikembangkan, dan subyek
lainnya adalah guru matematika dan peserta didik SMP. Instrumen penelitian yang
digunakan terdiri dari lembar validasi ahli, lembar penilaian kepraktisan, dan tes
kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengembangan E-Modul yang dikembangkan valid berdasarkan persentase
keseluruhan ahli pendidikan 85,12%, ahli media 80,42%, ahli materi 83,33%, dan
kriteria kepraktisan berdasarkan respons guru dan peserta didik dengan rata-rata
85,75% termasuk kategori sangat praktis. Efektif berdasarkan hasil tes kemampuan
berpikir kritis matematis yang menunjukkan nilai N-gain dalam kategori
peningkatan sedang dan melalui Independent sample t-test menunjukkan terdapat
perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis
peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Tesis-MT-001 | Perpustakaan Pasca (tidak dipinjamkan) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain