TextBook
PENGEMBANGAN STRATEGIKOMUNIKASI INTERNAL PEGAWAI AKADEMIK DALAM PELAYANAN KEPADA MAHASISWA (tesis)
Lia Yulia, 2023, Pengembangan Strategi Komunikasi Internal Pegawai Akademik dalam
Pelayanan kepada M ahasiswa (Studi Kasus di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).Program Pendidikan Magister Program Studi Ilmu
Komunikasi Pscasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Dr. Rd. Nia Kania
Kurniawati, S.I.P., M.Si., Pembimbing II Dr. Dipl. Ing. (FH) Rangga Galura G, M.Si.
Tesis ini berjudul Pengembangan Strategi Komunikasi Internal Pegawai Akademik dalam
Pelayanan kepada Mahasiswa (Studi Kasus di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Sultan Ageng Tirtayasa). Latar belakang penelitian ini adanya kasus mahasiswa ketika akan
mengurus Kartu Rencana Studi dan Kartu Hasil Studi yang menyangkut dengan akademik pihak
pegawai menyambut mahasiswa dengan komunikasi yang kurang baik. Penelitian ini yang
bertujuan untuk mengetahui model komunikasi internal pegawai Akademik Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan dalam pelayanan kepada mahasiswa. Selain itu, juga untuk mengetahui
model komunikasi yang digunakan pegawai akademik serta hasil komunikasi yang dilakukan
dalam pelayanan kepada mahasiswa. Penulis menggunakan teori budaya organisasi dan teori
informasi organisasi. Metode yang digunakan penulis dalam mencari data yang diperlukan adalah
metode deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pengembangan Strategi Komunikasi Internal Pegawai Akademik
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam Pelayanan kepada Mahasiswa menggunakan
pertemuan formal dan pertemuan informal. Media internal yang digunakan berupa media nirmassa
dan media massa. Media nirmassa yang digunakan adalah handphone, surat dan portal mahasiswa
dan media massa yang digunakan adalah spanduk dan selebaran. Pola komunikasi pegawai internal
menggunakan komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal. Komunikasi vertikal yang
digunakan adalah instruksi tugas, ideologi, balikan sedangkan komunikasi horizontal adalah
koordinasi tugas-tugas, semangat kerja, adanya kemampuan dalam berinteraksi dan adanya
dorongan untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Kata Kunci: Pengembangan, Strategi, Komunikasi, Internal, Pegawai Akademik,
Pelayanan, Mahasiswa.
Tesis-Ikom-005 | Perpustakaan Pasca | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain